Pesanan nyasar? Pesanan ga sampe-sampe? Saya punya pengalaman "sejenis" nih, dan cara mengatasinya.
Pengalaman ini berdasarkan kenyataan. Apabila ada kesamaan kejadian merupakan ketidaksengajaan. Apabila ada hal yang kurang berkenan, anggaplah sebagai saran.
Saya membeli sebuah humidifier dengan merk
Ultimate Air Humidifier Mini - Green di Lazada pada Februari 2015. Humidifier ini saya butuhkan untuk Tugas Akhir. Jadi waktu penggunaannya benar-benar terburu-buru. Setelah memilih barang & check out pada tanggal 24 Februari 2015, saya mendapatkan email sebagai berikut:
|
total pembayaran |
Saya pun membayar sejumlah tertera di email. Tanpa melakukan konfirmasi manual, saya hanya memantau status pemesanan saya. Entah kenapa beberapa hari tidak berubah, hingga saya memberanikan diri bertanya pada lazada (26 Februari) dan dibalas begini (27 Februari):
|
permintaan konfirmasi manual |
Saya baru tahu saat itu, ternyata, tidak seperti bukalapak yang menerapkan penomeran pada nominal yang harus dibayar, lazada mengutamakan keamanan dengan bukti pembayaran yang difoto. Wah saya cukup salut. Kemudian, setelah berapa lama, saya mendapatkan email lagi:
|
konfirmasi pemrosesan produk |
kemudian mendapatkan email konfirmasi pengemasan barang pada
1 Maret 2015:
|
konfirmasi pengemasan |
Melihat email ini, saya kegirangan. Saya berharap secepatnya bisa menerima humidifier saya sehingga bisa seminar Tugas Akhir secepatnya. Namun sepertinya ada yang aneh. Saya tidak langsung mendapatkan resi pengiriman! Saya pun bergerak menghubungi pihak lazada lagi melalui email 3 Maret 2015:
|
email pertanyaan mengapa barang tidak sampai |
Karena belum juga mendapatkan jawaban lewat email, saya yang sudah sangat membutuhkan humidifier akhirnya menelpon kantor lazada 3 Maret 2015. Saya utarakan semua di situ. Syukurlah customer servicenya dengan baik mendata dan membantu saya memproses pesanan saya yang nilainya hampir 200 ribu rupiah. Sebagai anak kos, nominal sebesar itu sangat berharga.
|
Email ringkasan telepon ke lazada |
Setelah saya menelepon, barulah saya mendapatkan email yang cukup melagakan dari pihak lazada:
|
Email resi JNE dari lazada |
Kemudian, barulah pihak lazada membalas email saya yang dari pagi
3 Maret 2015.
|
Balasan lainnya |
Akhirnya barang sampai di tangan saya setelah memesan sejak tanggal
24 Februari 2015, konfirmasi pada
27 Maret 2015, menelepon pada
3 Maret 2015, dan sampai di tujuan pada
5 Maret 2015
|
Ringkasan dari lazada |
Berdasarkan pengalaman saya, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Baca benar-benar aturan main beli online. Saya di sini menyadari kesalahpahaman dalam membaca cara membeli tentang verifikasi manual.
2. Apabila barang tidak segera dikemas atau dikirim, hubungilah penyedia layanan market place lewat email. Apabila terburu-buru, hubungilah lewat telepon, jelaskan pelan-pelan.
3. Tetaplah bersikap sopan, saya sendiri salut terhadap pelayanan lazada. Saya dengar saat ini lazada memberikan waktu lebih pendek dalam menuntut penjual mengirim barang yang telah dibayar. Hal ini akan menenangkan pembeli.
Bagaimana pengalaman teman-teman?
0 comments:
Post a Comment