Saturday, January 16, 2016

Pengalaman Belanja Online di Lazada Indonesia (Lazada.co.id)

Pesanan nyasar? Pesanan ga sampe-sampe? Saya punya pengalaman "sejenis" nih, dan cara mengatasinya.
Pengalaman ini berdasarkan kenyataan. Apabila ada kesamaan kejadian merupakan ketidaksengajaan. Apabila ada hal yang kurang berkenan, anggaplah sebagai saran.
Saya membeli sebuah humidifier dengan merk Ultimate Air Humidifier Mini - Green di Lazada pada Februari 2015. Humidifier ini saya butuhkan untuk Tugas Akhir. Jadi waktu penggunaannya benar-benar terburu-buru. Setelah memilih barang & check out pada tanggal 24 Februari 2015, saya mendapatkan email sebagai berikut:


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
total pembayaran
Saya pun membayar sejumlah tertera di email. Tanpa melakukan konfirmasi manual, saya hanya memantau status pemesanan saya. Entah kenapa beberapa hari tidak berubah, hingga saya memberanikan diri bertanya pada lazada (26 Februari) dan dibalas begini (27 Februari):


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
permintaan konfirmasi manual
Saya baru tahu saat itu, ternyata, tidak seperti bukalapak yang menerapkan penomeran pada nominal yang harus dibayar, lazada mengutamakan keamanan dengan bukti pembayaran yang difoto. Wah saya cukup salut. Kemudian, setelah berapa lama, saya mendapatkan email lagi:


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
konfirmasi pemrosesan produk
kemudian mendapatkan email konfirmasi pengemasan barang pada 1 Maret 2015:


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
konfirmasi pengemasan
Melihat email ini, saya kegirangan. Saya berharap secepatnya bisa menerima humidifier saya sehingga bisa seminar Tugas Akhir secepatnya. Namun sepertinya ada yang aneh. Saya tidak langsung mendapatkan resi pengiriman! Saya pun bergerak menghubungi pihak lazada lagi melalui email 3 Maret 2015:


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
email pertanyaan mengapa barang tidak sampai
Karena belum juga mendapatkan jawaban lewat email, saya yang sudah sangat membutuhkan humidifier akhirnya menelpon kantor lazada 3 Maret 2015. Saya utarakan semua di situ. Syukurlah customer servicenya dengan baik mendata dan membantu saya memproses pesanan saya yang nilainya hampir 200 ribu rupiah. Sebagai anak kos, nominal sebesar itu sangat berharga.


Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
Email ringkasan telepon ke lazada
 Setelah saya menelepon, barulah saya mendapatkan email yang cukup melagakan dari pihak lazada:

Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
Email resi JNE dari lazada
 Kemudian, barulah pihak lazada membalas email saya yang dari pagi 3 Maret 2015.

Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
Balasan lainnya
 Akhirnya barang sampai di tangan saya setelah memesan sejak tanggal 24 Februari 2015, konfirmasi pada 27 Maret 2015, menelepon pada 3 Maret 2015, dan sampai di tujuan pada 5 Maret 2015
Pengalaman Belanja Online di Lazada (Lazada.co.id)
Ringkasan dari lazada
Berdasarkan pengalaman saya, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Baca benar-benar aturan main beli online. Saya di sini menyadari kesalahpahaman dalam membaca cara membeli tentang verifikasi manual.
2. Apabila barang tidak segera dikemas atau dikirim, hubungilah penyedia layanan market place lewat email. Apabila terburu-buru, hubungilah lewat telepon, jelaskan pelan-pelan.
3. Tetaplah bersikap sopan, saya sendiri salut terhadap pelayanan lazada. Saya dengar saat ini lazada memberikan waktu lebih pendek dalam menuntut penjual mengirim barang yang telah dibayar. Hal ini akan menenangkan pembeli.
Bagaimana pengalaman teman-teman?

0 comments:

Post a Comment