Saturday, January 17, 2015

Kerja Praktek/Magang di PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Regional Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pada bulan Februari 2013 lalu, saya dan seorang teman saya menjalani kerja praktek di PT Telekomunikasi Seluler - Telkomsel.  PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Regional Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta berlokasi di Gedung Telkomsel Pahlawan Semarang. Saya memilih Telkomsel untuk tujuan kerja praktek karena kakak saya juga magang di sana pada tahun 2011.

Untuk diterima di PT Telkomsel sebagai karyawan kerja praktek memang bukan hal yang mudah. Proposal yang kami kirimkan pada bulan November 2012 tidak langsung dibalas dengan surat penerimaan. Kami harus menunggu sampai akhir Januari untuk mendapatkan jawaban. Untuk junior-junior yang ingin mendaftar dan belum dibalas, bersabarlah, karena untuk mendapat hal yang menyenangkan, kita harus melewati kesabaran terlebh dahulu.

Akhir Januari 2013, saya menuju bagian HRD. Alhamdulillah, surat penerimaan kerja praktek kami terima. Sampailah di hari kerja kami di bulan Februari. Ada hal yang membuat kami bingung, yaitu saat naik ke lantai 5 Gedung Telkom Pahlawan, kami diminta menunggu sekian lama. Sampai akhirnya ada yang mengatakan bahwa kami diminta naik ke lantai atas, lantai 6. Di lantai 6 pun kami tidak langsung masuk dan bekerja. Namun kami diterima oleh manager dan Supervisor Divisi IT. Saat itu, kami ditawari untuk 2 bulan kerja praktek dan hasilnya akan dipakai oleh PT Telkomsel. Karena itu akan mengganggu kuliah, saya menolak. Dan bertanya, bagaimana bila yang 2 bulan itu kami kerjakan dalam waktu  1 bulan? (agak nekat). Cuma ya karena beberapa hal, kami akhirnya diberikan project latihan untuk dikerjakan 1 bulanan.

Gedung Telkomsel Pahlawan memiliki desain interior yang sangat indah. Beberapa kali saya mencoba mengambil gambar namun saya malu ketahuan. Di awal kerja praktek, saya sempat lupa dimana letak ruangan saya, karena dalam 1 lantai tersebut memiliki beberapa ruang dan tersekat-sekat. Ada kafetaria yang memiliki TV dengan TelkomVision. Mushola dan kamar mandi terletak di tiap lantai. Ada 4 lift, dan tangga darurat. Di lantai 2 terdapat masjid yang menyiarkan adzan dan digunakan untuk Sholat Jumat.

Hari kerja berjalan. Jam kerja di Telkomsel ini dari jam 08.00-17.00. Jam kerja yang menurut saya cukup ketat untuk ibu-ibu beranak. Di sini banyak ibu-ibunya lho. Jam istirahatnya, jam 12.00-13.00. Ada yang unik dari gedung ini. Setiap adzan, pasti dikeraskan di spreaker satu gedung. Jadi akan malu kalo udah adzan tidak langsung sholat. Selain itu, setiap pagi dan sore selalu ada instruksi peregangan badan di atas kursi. Setiap jumat juga ada pengajian ibu-ibu. Di pengajian tersebut, biasanya sekalian berdoa. Karena di bulan itu banyak ibu-ibu hamil, kami ikut mendoakan ibu-ibu tersebut.

Pekerjaan yang awalnya saya pikir dapat saya kuasai, ternyata tidak semudah itu. Saya harus belajar PHP, Javascript, jQuery mobile, MySQL, juga Ajax. Awalnya, saya tidak tahu sama sekali istilah-istilah itu, saya benar-benar belajar dari 0. Ya mau bagaimana lagi, kami datang sebagai semester 5 dengan latar belakang Mahasiswa Teknik Elektro. Jadi, yang kami pelajari kebanyakan adalah listrik. Kuliah penjurusan baru dimulai penuh pada semester 6. Akibatnya, ketika dosen menerangkan di ruang kuliah kami sudah tau banyak istilah berkat Kerja Praktek. Kami diberikan pembimbing yang sangat membantu kami dengan sabar, namanya mas Arjuna. Pertama kali mendengar namanya, pikiran saya langsung tertuju pada Chef Juna Masterchef! (kocak bener jadi orang). Alhamdulillah kami mendapatkan banyak ilmu dari beliau. Selain itu, beliau juga masih menjaga kontak dengan kami bahkan ketika kerja praktek usai dan mulai membuat tugas akhir sekarang ini.

Kerja Praktek akhirnya dijalankan dengan online selama proyek belum selesai. Akibatnya, kami presentasi pada bulan April di PT Telkomsel. Setelah presentasi di tempat Kerja Praktek, selanjutnya adalah Presentasi Kerja Praktek di kampus. Kami menyelesaikan semuanya pada bulan Mei. Sampai akhirnya di semester 7 kami menemukan kesalahan judul pada Laporan Kerja Praktek. PT Telkomsel yang harusnya ditulis Regional Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta, justru kami tulis PT Telkomsel Regional Semarang. Fatal memang, salah tempat. Menurut pihak Telkomsel, Regional Semarang terletak di Jalan Pandanaran, bukan Pahlawan. Akibatnya, kami kembali membuat sampul & mengganti laporan kami. Saya senang sekali, kembali ke gedung indah ini.

Bagi pertanyaan seputar Kerja Praktek di Telkomsel selain yang telah saya jabarkan bisa disampaikan di komentar :)
Terima kasih Telkomsel, Terima kasih Pak Eryk, Terima kasih Mas Juna


telkomsel
potongan surat dari Telkomsel

laporan kerja praktek
laporan kerja praktek Telkomsel

31 comments:

  1. maaf mbak boleh minta alamat emailnya? saya ingin tanya-tanya tentang KP di telkomsel jateng

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya di blog ini aja ya. untuk KP di telkomsel jateng bisa langsung ke Telkomsel Pahlawan Semarang.

      Delete
    2. apakah mbak punya nomer hrd telkomsel jateng yg bisa dihubungi buat tanya tentang dokumen apa aja yg diperlukan buat apply kp disana?

      Delete
    3. bawa proposal & surat dari jurusan aja. kalo ke HRD nya, tanya mbak hepi. no.hpnya tdk bisa saya publikasikan

      Delete
  2. Klo KP disana adavtesnya gak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. tesnya waktu itu lewat email & telepon diminta mempersiapkan keahlian web programming utk aplikasi ceklist. tiap tahun yg dibutuhkan beda2, tergantung perusahaan.

      Delete
  3. Kalau utk jurusan public relation tp di telkomsel jogja ada info gak mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk regional tsb, bisa langsung ke kantor ybs utk tanya langsung. Saya sdh tdk ada kontak utk informasi

      Delete
  4. maaf kak mau tanya. kemrin kp-nya dibagian apa? kalo boleh tau judul laporannya apa hehe
    kk jurusan apa kuliahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian IT. Judul laporannya perancangan web ceklist di pt telkomsel regional jateng diy.
      Aku jurusan teknik elektro, tapi konsentrasinya teknologi informasi.
      Semangat cari tempat kp ya dek ^^

      Delete
  5. mbk mau nanya, kalo mw kp di telkom langsung ke kantornya aja, dan bawa surat dari jurusan dan proposal ?, itu kira2 pengumuman untuk di terima lama ngk mbk ?

    ReplyDelete
  6. minta kontak.nya boleh ya mbk email aja, butuh tanya2 nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya kpnya di telkomsel ya, bukan telkom. Lebih baik langsung bawa proposal & surat dari jurusan langsung. Prosesnya kurang lebih 3 bulan.
      Email ada di biodata lathifaha@gmail.com

      Delete
  7. Selam mba, saya juga alhamdulillah bakal magang di Telkomsel, apakah nanti ada training nya sebelum mengerjakan tugas yang diberikan? Karena saya khawatir tidak akan mengerti apa-apa nanti nya ��. Terima kasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ada kok semacam pelatihan gitu, tapi kita harus aktif juga googling sendiri kalo ada masalah, sampe nyerah baru deh karyawan sana bantu kita.

      Delete
  8. kalo applier nya dr luar kota kira2 bisa ga?

    ReplyDelete
  9. permisi mbak mau tanya kalau telkomsel cabang jogja ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ya. tapi mungkin tingkatnya beda, bukan regional

      Delete
  10. kak waktu di Telkomsel , kamu dikasih tugas apa , terus yang buat presentai tugas KP di Undip tentang apa aja , ni aku baru hari kedua masuk dan belum dikasih tugas , jadi masih bingung buat materi laporannya besok

    ReplyDelete
  11. kak waktu di Telkomsel , kamu dikasih tugas apa , terus yang buat presentai tugas KP di Undip tentang apa aja , ni aku baru hari kedua masuk dan belum dikasih tugas , jadi masih bingung buat materi laporannya besok , mohon bantuannya sama sama elektro satu tap lagi beda angkatan doang huuuhuhu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. saya dikasih tugas ceklist yang dikoding dengan php native dan output berupa excel.
      2 minggu pertama isinya pelatihan kok. tunggu saja

      Delete
  12. Mbak aku mau nnya nih seputar kp di telkomsel. Kp di twlkomsel tu dibagian operator aja atau ada yg bagian ke lapangan juga? Kalo bagian operator kerjanya gimana? Dan kalo dilapangan kerjanya gimana? Mksh sblmnya maaf saya bnyk nnya mbak, soalnya masih awam di telekomunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di kantor saja. Kakak saya ngitung data & ke lapangan. Tergantung ambil konsentrasi apa

      Delete
  13. assalammu'alaikum mbak lathifa. mohon maaf mengganggu waktunya sebentar. saya ingin sharing mengenai KERJA PRAKTEK di PT telkomsel seluler ini. berhubung tugas akhir saya tentang jaringan dan menggunakan bahasa pemrograman JAVA SCRIPT jadi saya memilih disini. apakah mbak ada belajar java script juga ketika magang ? mohon balasannya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya belajar html, css, php, js

      Delete
    2. terimakasih banyak mbak sebelumnya ya. kalau boleh tau JavaScript disana diimplementasikan sebagai apa ya mbak ? saya sekarang kuliah di Politeknik Caltex Riau dan saya jurusan Teknik Elektronika Telekomunikasi.

      Delete
  14. Assalamualaikum mbak
    Saya kan baru maba:) di politeknik negeri di surabaya jurusan d4 telekomunikasi,
    Saya mau tanya
    Saya kan diberi kesempatan KP untuk semester semester akhir kan mbak,apakah saya bisa mengajukan KP di Telkomsel Region Jateng DIY di Semarang itu mbak?
    Saya aslinya bukan Semarang sih, asli saya Magetan, tapi ingin KP di Semarang karena ada sesuatu di sana :)

    ReplyDelete
  15. Selamat siang ka, mau tanya tanya. Kalau KP di telkomsel apa keahlian yang perlu kita siapkan atau apa yang harus kita persiapan??? Makasih ka sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Boleh minta file laporan hasil kerja prakteknya gak? Sebagai referensi pembuatan buat laporan kami nanti. Soalnya kami juga kp di telkomsel hehe. Terima kasih.

    ReplyDelete